1811=simply.cant.get.any.more.ideas.on.how.to.name.this.blog.

25.2.06

Kenapa bisa sampai kesini? Sesi 1

Kenapa bisa sampai kesini?

Ya ya, pertanyaan yang aneh ternyata ya .. sampai kemana maksudnya? Hmm, mungkin enaknya gue jawab sampai ke umur 28 yo, hehe, asik juga mengingat masa lalu

Pertama ..

Mo bagi cerita konyol sedikit tentang ‘how do i get here’. Today. Bergelut dengan pensil dan kertas. Coret Moret Moreng. Masih.

Gue inget betul jaman esde kelas satu, dua dan tiga waktu masih tinggal di Rawamangun. Bareng Febi Wahyu temen sekelas yang terus bersaing ketat ranking satu dan dua ama dia. Entah kenapa gue selalu aja kebalap di nomor dua terus. Si Febi Wahyu ini juga hobi gambar. Gambarnya Voltus melulu. Nontonnya juga gak jauh dari situ, Megaloman, Gaban, Go Sigma, Go Shogun, Voltus dan Lion Man. Wah keren gambarnya si Febi Wahyu, dia biasa gambar itu semua, secara gue cuma numpang nonton di rumahnya, karena bokap di rumah lebih prefer nonton silat berseri daripada liat Goggle V jumpalitan. Dan tontonan tetap gua ya Unyil dan Huma di TV Blaupunkt tua di rumah. Jadinya itu pengaruh bener2 lekat dari kecil. Si Febi Wahyu asik senandung lagu Jepang dan gambar2 Voltus sedangkan gue asik pake sepatu big boss-nya Bruce Lee dan leloncatan kesana kemari begaya jago kungfu. Kalo lagi gambar juga gak jauh dari gambar Pak Raden bawa mangga dan Unyil dengan sarung loreng loreng.

Gue juga tiba2 keinget jaman kelas satu esde dulu, gue pernah gambar orang naik motor lengkap dengan helmnya. Sang guru yang nyomot itu gambar dan dipajang2 di depan, katanya, ‘anak anak, kalo gambar itu begini inii ...’ dan gue yang cuma bisa nyengir, secara itu gambar belepotan abis, dan lebih belepotan lagi kalo mundur ke belakang,

Bokap ngasih banyak buku-buku gambar sampul merah isinya gambar tank, pesawat terbang, gunung, matahari, Unyil dan Pak Raden : TK dan sebelumnya.

Dan buku2 gambar bersejarah itu sekarang udah berubah ujud jadi buku klipingan resep nyokap. Hehehe.

Trus gue keinget Pak Bambang. Guru menggambar dan guru Agama Islam jaman gue esde di Duren Sawit. Dari beliaulah, itu pompa pemacu semangat menggambar didapat. Guru paling menyenangkan kalo ngajar. Baek banget sumpah. Diajarin banyak banget teknik gambar, mulai dari sketsa sampai mewarnai. Beliaulah yang pertama mendorong gue bikin komik. Gue inget, kalo enggak kelas lima atau kelas enam, gue bikin komik tentang kehidupan kuda liar di hutan. Beliaulah yang menyemangati. Dan gue gaktau kemana tuh komik kudanya ..

Selain beliau, oom Yaman yg pernah tinggal di rumah juga ngajarin ngewarnain pinsil warna. Lembut banget warnanya. Secara notabene, kakak beliau adalah pelukis di Yogya, yo pantesss...

Mulai deh ikut lomba2. Gue gak inget berapa kali, tapi enggak banyak. Lebih dari cukup untuk tambah tau teknik apa2 dalam nggambar. Dan mulailah gue kenal kanvas dan cat air.

Lukisan pertama gue. Gambar kuda tiga ekor berlari pake cat air. Di atas kanvas. Masih belajar. Dan masih ada sampai sekarang. sebelumnya masih belom pede dan cuma berani di kertas gambar.

Lalu gue ingat gue pernah jatuh cinta pertama kalinya jaman esde. Orangnya udah mau nikah mei nanti. Selamaaat! :) Udah sohib abis dengan beliau daku sekarang. Dan beliau inilah yang pertama kali pernah kukasih lukisan kanvas dan cat air. Masih juga gambar kuda. Kenapa kuda ya??

Terus mulai deh otak bisnis kecil2an. Hehehe. Beberapa gambar mulai dikomoditaskan di ruang2 kelas. Dijual dijual .. psssttt... dan gue gak tau berapa duit ya pernah gue jual tuh gambar2 ... hmmm

Lalu jadi inget Pak Lansur Almarhum. Beliau lekat ama warna hijau. Apa yang warna hijau selalu dikasih nilai keren, apalagi kalo yg gambar cewek murid, cakep pula. Maaf pak. hehe. Hehehehehe. Beliau nih yang terus ngegenjot niat gambar menggambar. Dihujani nilai dah pokonya ama beliau. Murah meriah.

Lalu mulailah masa esema. Ketemu temen2 yang lebih gila dalam hal gambar menggambar. Maryanto salah satunya. Lukisannya keren abis. Inget coretan2nya mulai dari Hellboy di kertas ampe gambar ikan di kanvas besar di rumahnya. Dia lajurkan jalannya loncat langsung ke Yogya. ISI. Seniman abis gitu dia. Sekarang katanya rajin kumpul di organisasi bersepedanya. Keren abis!

Terus lompat masa kuliah. Gue inget buku cokelat kecil yang selalu gue bawa2 di tas. Apa aja gue sket. Dari pisang cakrek di kaki gunung Salak ampe anak2 HI96 maen bola di Jatinangor panas2 gue jadiin obyek iseng2 tidak berhadiah itu.

Dan terjadilah itu komik pertama. Superayam. Idenya muncul di jam kuliah. Kedorong gara2 tau ada PKN pertama kali di UI dulu. Dan Caroq tentu saja. Secara gue selama ini taunya komik Indonesia cuma komiknya RA Kosasih dari Wayang Purwa ampe Pandawa Seda ada bundelannya di rumah. Dan gue makin kesetrum ngeliat komik2 pada berbangkitan lagi. Dan gue pun beli kaosnya Caroq. Keren abissss!!!!

Trus muncullah itu Omen Anak Ben. Mulailah gerilya dijual jual pas Pekan Seni ITB bareng temen2 dari Komunitas Indonesia Raya di Bandung. Ada Aris, Bonnie, Jejen dan yang lain2. Jadi inget dulu buka stan lukisan campur komik campur kaset kompilasi band diramu dengan wewangian menyan ala dukun dan kandang ayam isi monitor komputer di jalan depan stan kita.

Semua komik pun habis kejual!! Lengkap dengan foto diri dan beberapa cuil tanda tangan buat jijai jijaian hehehehehehehe

Lalu mulailah kenal dengan nama MKI dan PKN yang kesekian. Isenglah daku titipkan beberapa komik di pamerannya di museum depan Gambir. Sampai akhirnya tuh komik2 ilang entah kemana.

Dan terjadilah satu kejadian dahsyat dalam sejarah Superayam! Suatu hari temen2 kos di bandung mendobrak kamar salah satu penghuni kos bernama RIO yang menyebalkan dan sudah kadung lari karena takut ancaman anak2 yang menagih duit telpon yang dijebolin beliau. Dan apa yang kutemukan di lacinya?? Woow, ternyata satu lembar kopi besar komik halaman pertama Superayam! Sudah ditebalkan spidol, lengkap dengan warnanya dan tanda tangan RIO di sudut kanan bawah. Itu gambar sudah dalam format poster dan siap untuk dipamerkan. Dan yg gue tau, si RIO ini memang anak komik, sudah lama kecimpung di satu klub komik juga. Niatnya udah ketauan, itu gambar Superayam mau dipajang di pameran, diaku aku karya dia. Wah ... kok bisa??

Wahai nak RIO? Dimana engkau berada?? aku kangen sekaliiii .. (gue bakar luuu.. trus gue kecapin)

Trus lompat waktu lagi hingga momen di depan TIM IKJ, makan mie ayam ama Aris. Dia abis interview di majalah baru, bawa nama MTV katanya. Wah sukses berat men! dia udah keterima dan lagi nyari pengisi rubrik komik. Dia ajaklah aku ikutan.

Sekarang saatnya Omen Anak Ben beraksi. Komik inilah yang bikin Pak Leo terpingkal2 di pojokan kantor. Gue rada heran juga, komik sejayus itu ada yang ngetawain juga, entah ngetawain komiknya apa ngetawain yang gambar, ‘gila ni orang, gambar ancur amaaatttt!!!’ hehehehehe dalem hati mungkin dia omong gitu

Few days later, resmilah gue membuat tokoh baru buat majalah tersebut. Datangi kantornya di Sarinah, masih sepi, numpang pula. Cuma ada mas Akmal, Noe, Aris, Arian, Timur Angin, Pak Leo dan Alm. Demit menyusul. Lahirlah Tee and The Traxhead.

Lalu dibacalah surat pembaca pertama yang masuk menanyakan tentang Tee dan teman2. Inilah momen paling dahsyat yang pernah datang. Can’t describe with words

Terus gue jadi inget satu peristiwa lucu setelah beberapa bulan komik Tee berjalan. Satu hari gue ditelpon dari jauh. Dari Surabaya. Ternyata dari Hard Rock FM Surabaya. Namanya Lucky, niatnya pingin interview gue on teh phone dan langsung on air. Semua tentang gimana proses bikin Tee and The Traxhead. Proses bikin komik. Wah dahsyat. Dan utk beberapa waktu setelahnya, gue sama ibu Lucky yang kini udah merid sempet terus kontak Bandung - Surabaya, just to say hello atau curhat2 aneh. Hehehehe. Dasar orang radio, hobinya ngobrol emang .

Tahun 2002. Suatu ketika pernah datang tawaran sangat menarik dari dunia animasi. Sebuah Rumah Produksi menawarkan dibuat film animasi pertama konsumsi dewasa di TV. Ada rokok di belakangnya. Merk besar. Bahkan sudah ada nama2 dubber. Iwa K sudah disebut2 juga. Terus terang gue awam banget tentang ini. Apalagi meeting di sudut cafe dan ditanyakan harga. Wah matilah kau ...

Dan sayangnya, proyek menyenangkan tersebut terpaksa gue tolak setelah beberapa kali kontak dengan sang pembawa tawaran. Harga yang ditawarkan sangat menekan kepala. Bukan ketinggian dan mungkin juga bukan kerendahan. Gue gaktau banget tentang standar harga saat itu. Bahkan untuk load kerja desain karakter, storyline hingga storyboard, yang gue dengar cuma angka gaji karyawan biasa untuk satu bulan kerja. Gue jadi ngeri, ini imbasnya gede buat di depan. Kalo diiyakan, so pasti CV bakal nambah gaya, animasi gitu lho, tapi juga bahaya buat standar harga di masa datang. Apalagi ketika denger dari beberapa teman2 yang pernah buat storyboard atau komik mengiyakan bahwa untuk load kerja seperti itu sangat TIDAK PANTAS seseorang hanya dihargai segitu. Apalagi ini hitungannya project. Sangat berbeda kalo cakupannya memang dalam satu perusahaan. Staf misalnya. Beda sekali.

Lalu coret mencoret pun terhenti. Komik Tee terhenti. Ada yang lebih penting. Dan sudah makan umur hingga 7,5 tahun. Sudah dua lembar surat cinta dilayangkan dari pihak Kampus Unpad. Bunyinya, ‘Cinta, selesaikan dong kuliahmu, jika tidak ...’ so mari yo mari kita kerjakan skripsi.

Kuliah pun kelar. Tiba saatnya kehidupan dimulai. Mencari kerja.

Freelance sudah terhenti. Kerja apapun dicoba mulai. Ada beberapa kekonyolan yang terjadi berkaitan dengan coret mencoret dan dunia interview pekerjaan.

‘Ketika melamar Departemen Luar Negeri.’

Tibalah saya di panel terakhir dari sekian banyak urutan tes yang musti dijalani kalo mau jadi pegawai negeri di Deplu. Dari tertulis, Bahasa Inggris, hingga psikotes, dan kini sekarang saya berhadapan dengan bapak2 terhormat mantan2 duta besar, dan lainnya, mmm ada 4 atau lima orang gitulah .. hehe

‘dengan CV begini, kamu yakin gak bakal banyak ambil side job di dunia seni nantinya kalo kamu gawe di Deplu??’

blablablabla blabla ble (mulai berkicau deh saya)

‘coba deskripsikan perpolitikan saat ini, tapi secara karikatural, bukan dengan gambar, tapi andai kamu disuruh gambar, apa yang akan kamu gambarkan?’

(di otak gue mah yg ada cuma yg lucu2 aja gitu ..)

gini pak, saya gambarkan SBY lagi manggul bola bumi Indonesia. Walau berat dan tampak lelah tapi banyak tangan yang nolong, banyak orang2 dibawah bola bumi ikut ngebantuin.

‘Terus kalo Megawati?’

ya saya taro di belakang SBY. Sama2 manggul bola bumi Indonesia. Keberatan dan tangan2 orang yg nongol udah pada lari2an kesana kemari.

(sudah ada sedikit tawa dan muka cerah) ( .. ah aman .. )

‘lho Suharto kamu taro mana kalo gitu gambarnya?’

wah kalo Suharto mah saya kasih bayangannya aja di pojok, kan udah gak keliatan lagi pak!

(tawa meledak hebat, ampe bercucuran air mata kali tuh bapak2 terhormat)

(tawa mereda sebentar, dan salah satu dari panel buka suara ... )

‘wah kamu dek, beliau tuh yang ngangkat kita2 di depan ini ... ‘

(dan gue cuma bisa nyengir kuda ... ) (bubye .. Deplu)

‘Ketika melamar di salah satu TV swasta’

‘wah kita lagi butuh grafis nih, kamu daftar situ kan?’

ya ini lagi daftar ... (dialog ngarang abissss)

‘nah ini coba digambar kertasnya, gambar apa aja, buat liat potensinya’

(wah sumpah, mood gambarnya lagi demen gambar ancur, lebih ancur dari gambar komik Tee, ditambah capek kepala, gak konsen)

.... (sret sret) .... (dan gue gambar karakter mirip Tee lagi pose paling ancur, kaki gede sebelah, tangan gede sebelah, muka asimetris, rambut acak2an, dan dari satu kertas A4 gede, tuh gambar cuma seukuran 10 senti-an kali)

‘hmm...’

(raut mukanya ketebak banget tuh... lagi ngehina gambar gua kaaaannnn)

‘Ketika melamar di salah satu perusahaan desain grafis dan arsitektur’

‘coba saya liat karya2 kamu’

ini mas, saya cuma bawa sebagian yang cetak, sisanya ada di CD yang saya kirim ... ini ada beberapa juga di flash disk saya ...

(gambar2 printed-nya dibuka2 sebentar terus sinis ...)

‘kamu bisa kasih apa ke kita?? Saya liat kamu cuma bisa gambar komik? Coba liat ini, bisa buat yang kayak begini??’

(si mas itu ngeluarin buku portofolio perusahaan, ada gambar2 arsitektur dan gambar2 still iklan. Ada foto2 dan grafis sederhana, simpel abis, cuma main di font dan warna)

ya saya bisa juga buat seperti ini mas

‘oh ya? Terus kenapa ini lay out web gak pas begini, gambarnya gak jelas jadi gak keliatan? Mustinya kan gak pake garis ini? Yang ini nih. Apa gunanya gambar di pojok sini? Ini gak bisa diliat webnya, ukurannya kacau ..’

(mulai panas...)

mas, itu setting layar komputer mas musti digedein dulu, aku pake 1024x768, mas punya cuma 800x600, jadinya pasti lebih gampang diliat

(dia cuma diem)

‘trus apa lagi nih yang bisa diliatin ke saya??’

masih banyak mas di flash disk, tadi mas baru buka satu folder aja, yang web pula

‘oh udah saya cabut tuh flash disk-nya ...’

(diem)

(panas)

ooo gitu

‘jadi kamu bisa kasih apa ke kita?

Mungkin mas bisa liat lebih di CD yang saya kirim kemarin.

‘CD apa ya? Saya belum terima tuh, mungkin di sekretaris saya ..’

(woi gila! Niat gak sih bikin wawancara ama orang, itu CD portfolio gue bukannya diliat dulu, malah ngehina dina duluan) –sayangnya kalimat ini cuma mentok di kepala—

ya sudah mas, saya rasa cukup waktunya, terimakasih buat wawancaranya

(kebalik ya? Orang mah bisanya yang nyudahin yg ngewawancara, ini gue yg bete berat.. minta balik duluan heheheh)


‘Ketika melamar di salah satu bank swasta nasional’

‘wah Firman, kamu hobinya gambar kan?’

(ini yg bicara bos besar salah satu bank swasta nasional yang pernah gue masukin lamaran)

ya pak! (semangat)

(si bos ngeluarin kertas dan pena)

‘ya sudah, kamu gambar karikatur saya aja, enaknya dari sisi mana?’

(si bos udah ambil gaya duduk yang enak gitu, minta digambarin karikatur .... dan gue cuma bisa bengong... gak tau gue mangap gak ya waktu itu.. hehe)

yakin pak?? Maap kalo jelek ya

(dan akhirnya gue lolos, masuk ditaro di seksi kredit analis ... bertahun2 gak pernah ketemu hitungan, gak kenal akuntansi ... dapet gawe kantoran 6 bulan di belakang meja, temenan ama excel, kalkulator dan angka2 jutaan rupiah) – (kayaknya dalem hati sang bos besar misuh misuh sehabis gue gambar mukanya...’nah kan gambar karikatur gue jelek jadinya, nah tuh, gue masukin di analisa luh, biar ubanan tau rasa!!!)

hehehehehehehe becanda pak, keren abis nih pimpinan

dan seterusnya dan seterusnya ... gak bakal kenyang nulis cerita kayak gini di blog

Lalu gue ingat gue pernah jatuh cinta, sangat sangat jatuh cinta jaman akhir kuliah. Orangnya udah damai dan nyaman nun jauh disana. Dan beliau inilah yang pertama kali kukasih lukisan kanvas dan sketsa pinsil gambar wajah ukuran besar. Lengkap dengan bingkai keren abis didapet dari tukang bingkai langganan temen pelukis di Bandung. Tempat langganan pelukis2 terkemuka Bandung juga. Mengingat dari jaman dahulu kala gue gak pernah pede dan berani ngegambar muka orang. Takut dimarahin ‘Jelek!’ ama yang punya muka. Masih juga nekat gambar wajah. Kata Jejen, ‘wah beda man, ini gambar mah keliatan banget pake hati euy,’. Hahahahahahaha. Keren abis tuh pernyataan. Gak tau deh jadi apa tuh gambar sekarang, hehe

Dan hingga hari ini, ya, gawean gue tiap hari gue sekarang pencil-related job. Coret moret moreng. Masih.

Hayo terus belajar!!!!!

3 Comments:

Post a Comment

<< Home