1811=simply.cant.get.any.more.ideas.on.how.to.name.this.blog.

25.7.05

Kutipan lain dari Babaflash

Mon, 25-Jul-2005 11:01 wib
Laporan Hello;Fest vol. 2

Pemutaran 35 karya finalis motion picture yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona Lantai 1 ( Departemen Kebudayaan & Pariwisata) ini berlangsung sangat ramai dan meriah. Karya-karya profesional dan pemula juga ditampilkan di sana. Festival ini memang tergolong unik karena segala jenis motion art baik itu shooting, motion graphic, 2d animation, 3d animation, stop motin, video art dan experimental dijadikan satu dengan durasi maksimal 10 menit dan minimal 30 detik. Banyak juga orang yang bertanya mengapa semuanya campur aduk dan tidak fokus ke dalam satu jenis saja. Wahyu Aditya (Direktor dari Hello;fest) menjawab bahwa memang ini adalah sekedar festival untuk memberikan inspirasi, bebas mau dibuat pakai apapun yang penting penonton terhibur.

Hello;fest ini diadakan setiap 2 kali dalam setahun, jadi setiap orang mempunyai kesempatan untuk menampilkan karyanya di sini. Setiap karya ditampilkan di layar lebar seperti layaknya gedung bioskop plus ditonton oleh banyak orang. Ini membuat karya peserta terlihat mewah dan elegan sehingga timbul rasa bangga bisa ditampilkan di sana.

Karya yang ditampilkan beraneka ragam dan dari berbagai level. Tidak hanya karya profesional saja yang ditampilkan di sana, kadang kita melihat ada beberapa karya yang sangat sederhana atau kalau dilihat asal buat. Tetapi ini justru mendorong dan menginspirasi kita untuk membuat sesuatu yang lebih bagus dan kemudian timbul rasa percaya diri untuk mengikuti festival berikutnya. Hal ini tentunya akan membawa dampak positif, yaitu memberi angin segar dan kesempatan bagi mereka yang baru belajar untuk tampil.

Penonton sebelumnya sudah dibagikan formulir yang berisi 35 gambar dari film animasi. Kita tinggal mencoblos, maksimal 5 film dan untuk kemudian dikumpulkan ke panitia. Selama perhitungan, kita disuguhkan karya animasi tamu dan pemenang Hello;Fest vol. 1, yaitu :

Karya Tamu:
• Fairul Hilmi - Rumahku Syurgaku – Malaysia
• Hafizul Rahman - Arrghh – Malaysia
• Moh. Fadzlin - Kuning – Malaysia
• Wahyu Aditya - Stop Human Cloning – Indonesia

Pemenang Hello;Fest Vol.1 :
• Ira Oktaria - Jangan Sembarang Mengabulkan Permintaan
• Nyamok Animation - Penyiar Radio
• Kasatmata - Bodol Botol Bobol
• The Jadugar - Ali Baba

Dan berikut ini adalah hasil perhitungannya dari pilihan terbanyak sampai terendah:
1. Mbah Sangkil (Wiryadi Dharmawan) - 264
2. TVku Sayang (Jangan Menangis Oh Mama Production) - 199
3. Help! (Firman Wijasmara) - 174
4. Bahan Bakar Tinja (Hidayat Priyo) - 124
5. Kuya (Andrian Ananta) - 74
6. Absurds (Varadila) – 72
7. Kara Sebatang Pohon (Edwin) - 71
8. Strangely Beautiful (Angga Dwimas Sasongko) - 65
9. Perempuan Tertindas (Broer) - 63
10. Ujian Masuk Polisi (Yoga Priyanto) - 60
11. Perjalanan Pulang (Dimas Agung S) - 55
12. Pencoeri (Vadi Vanadi) - 50
13. Sejuta Mimpi (Garrie & Tria Feedback) - 48
14. Unrescued World (Irwan Ahmett) - 47
15. Sexy Bear (Anggun Priambodo0 - 44
16. Hardline (Andibachtiar Yusuf) - 40
17. Love in Misery (Bambi) - 39
18. Cantik (Platon) - 38
19. Ironi of War (Firman Machda) - 23
20. Robot Berantem (Yohanes & Roland John) – 23
21. Till Dead Do Us Part (Yudhi Kusadhitama) - 23
22. Teddy (Ricky Zulman) - 19
23. Topeng Kota (Tosan Priyonggo) - 17
24. Goodbye Dad! (Irfan Nurhakim) - 16
25. Rokok(Ion) – 15
26. Khalila's Song (Muharikkudin) - 15
27. Seperti Hayalku (Nikko Syoni) - 14
28. Precious Gift (M Farid Zeno) - 13
29. A Glimpse (Alice Trisjono) - 11
30. Octopuss Attack (Dhanank Pambayun) - 11
31. Joe SMU (Vicky Gustandar) - 9
32. Emosi (Arifin) - 7
33. Belajar Melompat (Pahala Sigiro) - 6
34. Mellowtrone (Allen Airlangga) - 2
35. Rudholp (Dimas Karmawan) - 1

Dari perhitungan di atas di pilih 4 pemenang tertinggi dan mendapat hadiah voucher editing di apple box post production masing-masing sebesar 15 juta, Merchandise dari Movie Monthly Magazine, Pepsi,Aksara Book Store dan langganan majalah selama 4 bulan dari Movie Monthly Magazine.

Setelah itu ada lagi pemenang versi Department Kebudayaan dan Pariwisata, yaitu TVku Sayang (Jangan Menangis Oh Mama Production) mendapatkan Piala/Trophy. TVku Sayang hanya berupa koleksi cuplikan adegan kekerasan yang ada di sinetron dan dengan pesan terakhir yang menyatakan bahwa ini menjadi konsumsi masyarakat Indonesia setiap harinya. Kalau diperhatikan, dari jajaran pemerintah memang tidak menilai dari sisi teknikal, mau dibuat pakai apa atau kualitas sebagus apapun, yang penting pesan tersebut dapat berguna bagi masyarakat, terutama lebih diutamakan hasil karya yang mempromosikan budaya Indonesia sehingga mungkin nantinya pemerintah bisa membantu dalam perkembangan animasi di Indonesia. Ini adalah kerja berat para animator tentunya.

Media yang hadir pada saat itu adalah stasiun TV O Channel dan Infotainment dari Kassel (TPI). Para pemenang dihampiri oleh mereka untuk kemudian diwawancarai.

Acara Hello;fest di sponsori oleh MINISTRY OF CULTURE AND TOURISM / APPLE BOX POST PRODUCTION / TRANSTV / M2 MOVIE MONTHLY MAGAZINE / WHATNOT HANDY DANDY MAGAZINE / BEHIND THE SCREEN MAGAZINE / BOLEH.COM / LAYARPERAK.COM / BABAFLASH.COM / AKSARA BOOKSTORE / PEPSI / TEKITA / BACKBLACK / DAPUPU WORKSHOP / HELLO;SHOP / HELLO;MOTION SCHOOL

Semoga acara ini dapat terus hadir untuk selalu memberikan ide dan inspirasi bagi para animator Indonesia dalam berkarya. Selamat kepada para pemenang semoga terus dapat menjadi pelopor kebangkitan animasi di Indonesia.

Baba lihat berita:
http://www.babaflash.com/news2.asp?newsid=286

0 Comments:

Post a Comment

<< Home