1811=simply.cant.get.any.more.ideas.on.how.to.name.this.blog.

5.8.06

Kemalingan.

Innalillah...

grrrr... maling kembali beraksi siang tadi, Sabtu antara 12.00 sampai 15.30 di rumah gue... berawal dari sebuah dering ke hape di kantor waktu gue lagi browsing email ...

'mas? kamera digital kamu bawa?' .. 'iya' .. 'laptop juga dibawa ke kantor ya?' 'yup, napa emang?' .. 'rumah kemalingan.., tapi gak banyak yg diambil kok.. cuma perhiasan aja..' 'HAH?? serius lo tan? ya udah gue balik sekarang!'

kemalingan 1.
waktu pertama pindah ke daerah ini emang rumah gue langsung disatroni maling. kejadiannya waktu itu lagi bulan libur. cuma ada bokap di rumah jakarta. gue dan yg lain semua berlibur ke yogya. ketika bokap tidur, malingnya menggasak tv dan seperangkat tape deck. itu tahun 80-an. dan selidik punya selidik ternyata emang sering kejadian pencurian di daerah situ.

kemalingan 2.
waktu dulu kecil juga pernah ada riwayat anak muda maling kandang burung di loteng rumah. pelakunya akhirnya ketahuan. oknumpemuda pengangguran komplek situ. gak diapa2in sih.. hanya diberi peringatan aja.

hampir kemalingan 1.
siang bolong. dan gue tidur sampai siang. masih di depan tivi. sampai tiba2 gue terbangun oleh suara Intan (adek) yang bergegas ngebangunin karena ada suara orang mencoba membuka pagar. gue kontan bangun dan bergerak ke ruang depan. kaget! ada orang gondrong bertopi celingukan melongok2 jendela yang tertutup tirai. teriak! HOI!!! NGAPAIN LOH!! langsung ambil kunci dan berlari cepat membuka pintu yang terkunci dari dalam. tapi kalah cepat. ada dua orang di luar ternyata. pemuda tanggung ketuaan. 30 something. keburu ngebut dengan motor bebek butut. dan gue baru berhasil buka pintu setelah mereka secepat kilat melesat menjauh. percobaan gagal. tapi pagar depan berhasil dibobol dan dilepas diangkat hingga beberapa meter jauh.

hampir kemalingan 2.
bokap nyokap pergi haji. otomatis gue sering jaga malam. sekalian emang hobi tidur sampai larut. malam itu jam 2. ada pohon rambutan di halaman. sedang panen banyak buah. kalau siang selalu ada aja anak2 kecil nyoongin rambutan sampai manjat2 segala. dan malam itu terdengar bunyi2 yang sama seperti siang. srek...srek...srek.... seperti suara orang mengambil rambutan diam2. tapi melihat jam sudah jam 3 kurang. karena curiga gue intip dari balik tirai. benar! ada bayangan rambut seseorang mencoba meraih dahan rambutan. gue fokus ke sana. tiba2 muncul orang lain selain si empunya bayangan rambut. ternyata ada dua orang!! adrenaline mulai naik nih... 'sial, ngapain malem2 nyuri rambutan... bukan anak kecil pula, anak sma nih gayanya.. pake sepatu pula' ..karena curiga dgn gerak gerik dua orang itu yang melirik lirik ke arah Escudo gue yg parkir di depan pun membuat gue mandatkan ke Intan yang sdh terbangun utk mengawasi gerak gerik dua orang tersebut. dan gue pun mulai berlari pelan ngecek keadaan lantai dua dan teras atas. gue cek teras atas bagian luar. sial!! ternyata ada satu orang lagi udah di loteng sebelah rumah!! mengendap endap! anjrit!!! pelan2 gue perhatiin tampangnya. anak tanggung nih. sma. gak keliatan dia bawa apaan. tapi gue udah pegang golok di tangan. hahaha. pelan2 gue tutup pintu dan gue kunci. 'Tan, telpon tetangga.. bilang ada tiga orang di luar, mencurigakan... tolong dikepung dari luar..' Intan menurut. gak berapa lama mulai terdengar para tetangga membuka pintu dan keluar rumah. dua orang di depan rumah gue tiba2 kabur entah kemana. gue pun langsung keluar rumah secepatnya, gak mau kehilangan jejak mereka. dan sudah ada banyak tetangga di luar. lengkap dengan batangan kayu hingga tongkat golf di tangan. 'wah! yg dua udah lari tuh!! liat tuh liat!! masih ada satu lagi di atas!!! KEJARRR!!!!!' berhamburanlah itu tetangga mengejar anak tanggung yang tertinggal di loteng. tapi ternyata para orang tua di bawah kalah sigap. si anak tanggung cepat sekali larinya. dia berlompatan. genteng ke genteng. melarikan diri dari kejaran orang2 yang bersenjatakan rupa2 batangan tadi. 'sial...lepas.. santapan empuk tuh buat olahraga gebuk malam..' yaah, cuma bisa ngumpat aja jadinya para tetangga yang capek berlarian...

sejam kemudian setelah semua kembali tenang, tiba2 telepon berbunyi. dari bapak di mekkah. 'mas, hati2 jaga rumah, bapak ngimpi mobilnya hilang..' '?' 'Pak, barusan rumah hampir disatroni orang...' 'innalillah..'

kemalingan 3.
kasihan nyokap. masih gemetar ngeliat rumah diberantakin orang siang tadi. gak ada kehilangan berarti sebenernya.. beberapa perhiasan baik asli maupun perhiasan mainan punya Intan turut diembat oleh si maling siang bolong tadi.. keliatan banget cuma butuh barang cepat jual.. or at least fresh money... dan alhamdulillah gak ada sepeser uang yg hilang... dan yg tersisa cuma gondok berat... ngerasa jijik aja, ngebayangin ada orang lain entah siapa.. berkesempatan masuk ke dalam rumah, menggerayangi isinya, mengobrak abrik isi lemari... dan melempari barang2...sial... yah, cuma bisa berharap aja, bahwa semoga orang itu ditunjukin jalan yg bener aja, bisa dikasih rejeki yang lebih banyak... jadi bisa belajar ngasih ke orang, daripada ngambil yang bukan miliknya.. semoga dikasih terang, gitu aja...

tapi tetep aja masih gak habis pikir... sial, kamar gue digerayangin orang gak dikenal...

innalillahi wa inna ilaihi roji'uun ..

2 Comments:

Post a Comment

<< Home