1811=simply.cant.get.any.more.ideas.on.how.to.name.this.blog.

29.7.05

Ngumpulin berita :)

Thu, 28-Jul-2005 00:56 wib
The Winner of Hello;Fest 2

Berikut ini adalah para pemenang di acara Hello;Fest 2 berikut jumlah coblosan dari penonton festival yang diadakan pada tanggal 23 Juli 2005 di Gedung Sapta Pesona / Jl. Medan Merdeka Barat 17 Jakarta / Pkl 6 mlm hingga selesai.

1. Mbah Sangkil (Wiryadi Dharmawan, pingkeroll@yahoo.com) – 264 Coblosan.
2. TVku Sayang (Jangan Menangis Oh Mama Production, mamamenangis@yahoo.com) – 199 Coblosan.
3. Help! (Firman Widyasmara, firmanwidyasmara@gmail.com) – 174 Coblosan.
4. Bahan Bakar Tinja (Hidayat Priyo Nugroho, udien@vision.net.id) – 127 Coblosan.

Pertanyaan yang dilontarkan pada bincang-bincang kali ini sama ditujukan kepada keempat pemenang, yaitu (secara berurutan) :

1. Bisa diceritakan sekilas film singkat ini mengenai apa untuk mereka yang mungkin belum sempat menyaksikannya ?
2. Darimana munculnya ide cerita untuk pembuatan film ini ?
3. Bisa diceritakan secara garis besar tentang teknik pembuatannya menggunakan apa ?
4. Bagaimana rasanya menjadi pemenang dan apakah sebelumnya sudah mengira bahwa Anda akan menjadi pemenang ?
5. Kira-kira dari pendapat Anda sendiri, apa yang membuat penonton menyukai film singkat ini sehingga dapat terpilih menjadi pemenang? Ini tentunya bisa jadi masukan bagi mereka yang ingin menang.

PEMENANG 1: MBAH SANGKIL (Wiryadi Dharmawan)

Cerita ini mengenai petualangan dua mahluk bernama penthil dan penthol di dunia penelitian. dimana mereka mendapat wangsit (firasat), bahwa mereka harus melakukan sebuah expedisi, mencari harta karun embah sangkil.

Di surabaya ada sebuah jargon (mungkin bisa dibilang gitu). jadi misalnya ada si A tanya temennya, "kamu bisa pinjami aku duit sekian nggak?" dan si B yang merasa tidak punya cukup jumlah segitu, dia jawab, "pake duit siapa? duit mbah sangkil?". dan ini biasanya diungkapkan dengan kelakar. saya pun berpikir kalo mbah sangkil itu orang terkaya didunia, dan sampai sekarang keberadaannya belum ada yang tahu dari mana dan dimana. dan kenapa selalu dia yang harus jadi sasaran ketika ada masalah keuangan. disitulah saya memutuskan bahwa dia mempunyai harta karun terpendam entah dimana. maka jadilah cerita ini.

Tekhnik nya sebenarnya familiar. tapi disini saya tidak pake story board. semua pengerjaan langsung di komputer. pertama saya buat karakter sekalian buat gerakan per framenya. lalu diwarna. diatur lagi gerakan per-frame-nya biar dapat dramatisnya. lalu di edit video dan mix audionya. software untuk modeling dan pewarnaan saya gunakan photoshop, lalu di export ke flash untuk pengaturan gerakannya. trus di export jadi file video(AVI) ke premiere untuk di edit video dan audionya.

Menjadi Pemenang, rasanya senang aja, saya juga nggak mengira kalo saya jadi juara. karena ilustrasi musiknya tidak original. wah, saya bener-benar harus minta maaf yang punya lagu, sumpah :)

Penonton suka film saya... Aduh, apa ya…. Saya rasa untuk penyampaian film semua peserta, semua bisa diterima. Saya pernah mendengar cerita dari teman saya, kalo orang bule mengatakan bahwa karya kita bagus, itu masih biasa. Tapi kalo dia bilang karya kita unik, itu luar biasa. Disini bukan orang bulenya yang jadi masalah, tapi pemaknaan dari “unik” nya. Jadi ketika saya ingin membuat karya, yangsaya pikirkan pertama adalah bagaimana membuat karya yang unik, dari segi cerita dan karakternya. Trus bagaimana saya mengolah lagi trend-trend cerita yang sudah ada bisa jadi sesuatu yang tidak disangka. Lalu pada siapa film kita di sajikan. Penonton biasa? Pengamat film? Kritikus film? Film saya juga nggak bakal menang kalo di juri oleh pengamat dan kritikus film. Karena ceritanya nggak dalam, lagipula musiknya palsu. Hehe…. Contoh saja film-film yang jadi box office, film itu juga belum tentu menang ketika mengikuti festival semacam canes. Dan begitu pula sebaliknya. Jadi semua kembali pada kita, mau dibawa kemana film kita.

PEMENANG 2: TVku Sayang (Jangan Menangis Oh Mama Production)

Babaflash sudah mengirim email interview untuk Tvku Sayang, namun sampai saat ini belum mendapat balasan mungkin karena belum sempat mengecek email. Kalau sudah mendapat balasan kita akan tambahkan di news babaflash berikutnya.

PEMENANG 3: HELP! ( Firman Wijasmara )

Kalau dari saya sendiri, 'tentang'-nya dari Help! ini sebenarnya eksperimental, inspirasi cerita mengalir begitu saja, faktor storyboard benar2 cuma apa yang nempel di kepala. Garis besarnya bercerita tentang 'seseorang' yang terombangambing badai di tengah lautan untuk kemudian 'diselamatkan' oleh tangan2 si 'pencoret' dirinya. Untuk makna sendiri saya serahkan pada penonton untuk mengartikan isinya, tapi bagi saya tadinya hanya mau eksperimen interaktif hasil gambar dengan si penggambar.

Ide muncul begitu saja, awalnya cuma ingin efisien waktu saja. Ending cerita bahkan belum terpikirkan hingga sepertiga waktu pembuatan. Bukan berarti produksi sekenanya, tapi pada saat bersamaan saya lebih enjoy dengan inspirasi yang spontan, termasuk pilihan untuk menggunakan media papan tulis dan kapur itu.

Saya buat Help! dengan teknik stop motion, ada sekitar 140-an gambar saya ambil untuk menghasilkan 48 detiknya. Efek suara saya comot dari sana sini, baik dari soundeffects bank atau dari sumber2 lain. Untuk media saya pakai papan tulis hitam biasa dan satu dus kapur tulis. Ada sekitar 15 batang habis untuk pembuatannya. Plus mata yang kadang kelilipan juga. :)

Menjadi pemenang? wah, saya tidak pernah menyangka sama sekali :). yang pasti senang, itu pasti. kaget dan terbengong bengong, bahkan sampai hari ini. Betul betul gak sangka bisa dipilih sekian banyak audience. Ikut hellofest juga atas dorongan kawan, niatan sih kepingin ikut meramaikan aja, apalagi karya saya adalah karya terpendek di event ini ... tapi kok bisa ikut menang ya? heran juga saya ... btw makasih tak terhingga buat audience yang sudah memilih Help! bisa ikut bersanding dengan juara lainnya, buat Hellomotion juga, buat sponsor, buat media, tak terkecuali buat kru2 babaflash, thx!

Dari apa yang saya dengar dari opini teman2, mungkin dikarenakan Help! menampilkan orisinalitas dan kesederhanaan sendiri di tengah karya2 lain. Bukan berarti karya lain tidak punya orisinalitas, pastinya semua menampilkan orisinalitas tersendiri, tapi mungkin audience melihat faktor teknis 'kapur tulis' dan cerita yang singkat dirangkum jadi satu karya mini. Pembeda yang lumayan mencolok di tengah karya2 lain. Intinya sih ya jangan takut tampil beda, harus terus mau belajar juga, belajar apa saja, saya juga masih harus banyak belajar untuk bisa terus maju. Buat BabaFlash, terimakasih atas intvwnya :).

PEMENANG 4: BAHAN BAKAR TINJA! ( NyamokAnimation.Com )

Film Bahan Bakar Tinja Bercerita tentang seorang pemuda yang menciptakan energi baru yaitu berasal dari * tinja, dikarenakan langkanya Bahan bakar minyak dipasaran umum. kemudian pemuda tersebut naik mobil funky yang berbahan bakar * e..ek dan menjumpai antrean panjang penduduk yang ingin minyak tanah untuk kebutuhan dapurnya. Dan pemuda melihat seorang pemudi/cewek dan mengajak ke Gedung DPR MPR untuk memberikan solusi pemecahan soal langkanya BBM di pasaran Umum, Setelah Pemuda beserta cewek masuk kedalam gedung MPR DPR, Apa yang terjadi di gedung DPR MPR? ternyata wakil rakyat berantem ngeributin soal kenaikan BBM. itulah cerita singkat film Bahan Bakar Tinja

Idenya didapat dari menonton berita berita di televisi tentang Pro kontra kenaikan BBM yang menimbulkan banyak polemik dimasyarakat.

Tekniknya menggunakan gaya animasi 2 dimensi dengan penggabungan unsur 3 dimensi untuk membuat bentuk bangunan dan bagroundnya. Teknik 2 dimensi masih menggunakan Macromedia Flash,sedangkan untuk pembuatannya 3 dimensi mengginakan Cinema 4d serta Adobe Premiere untuk proses akhirnya.

Untuk Hello fest Vol 2 ini sungguh diluar dugaan karena ke 35 karya semuanya bagus2, Alhamdulillah film "BBT" masih menjadi pilihan pemirsa yang menonton acara tersebut

Untuk menjadi pemenang di Hello;fest vol 01 dan vol 02 masih di lihat dari ide dan kreatifitas para kreator membuat film animasi yang lucu , unik dan menggelitik, dan ditambah keorisinalitas ide film-filmnya sehingga bisa membuat para penonton tertawa terpingkal-pingkal dan tepuk tangan riuh. Itu modal utama untuk menang di Hello;fest

1 Comments:

  • Hello William, hmmm... 3D animation? well, i wish i could give you infos on that, cos i know only 2D, and still learning though, :) but, btw you forgot to put your email, hehehe how can i contact you then? :D nice day yoo :))

    By Blogger firman widyasmara, at Tuesday, August 15, 2006 8:10:00 PM  

Post a Comment

<< Home