1811=simply.cant.get.any.more.ideas.on.how.to.name.this.blog.

5.12.06

Polygami. Mengapa?



Kembali heboh. Berita menikahnya satu ulama kondang kita. Menuai banyak pujian dan kritik di sana sini. Poligami. Polygami. Poligini. Mari bahas sedikit :)

Diambil dari http://www.islamicdawah.mobilixnet.dk/

Who Practices Polygamy?
by Mary Ali.

Polygamy has been practiced by mankind for thousands of years. Many of the ancient Israelites were polygamous, some having hundreds of wives. King Solomon (peace be upon him) is said to have had seven hundred wives and three hundred concubines. David (Dawood) had ninety-nine and Jacob (Yacub, peace be upon them both) had four. Advice given by some Jewish wise men state that no man should marry more than four wives. No early society put any restrictions on the number of wives or put any conditions about how they were to be treated. Jesus was not known to have spoken against polygamy. As recently as the seventeenth century, polygamy was practiced and accepted by the Christian Church. The Mormons (Church of Jesus Christ of Latter Day Saints) has allowed and practiced polygamy in the United States.

Monogamy was introduced into Christianity at the time of Paul when many revisions took place in Christianity. This was done in order for the church to conform to the Greco-Roman culture where men were monogamous but owned many slaves who were free for them to use: In other words, unrestricted polygamy.

Early Christians invented ideas that women were "full of sin" and man was better off to "never marry." Since this would be the end of mankind these same people compromised and said "marry only one."

In the Western society many times when relations are strained, the husband simply deserts his wife. The he cohabits with a prostitute or other immoral woman without marriage. Actually there are three kinds of polygamy practiced in Western societies:

1. serial polygamy, that is, marriage, divorce, marriage, divorce, and so on any number of times;
2. a man married to one woman but having and supporting one or more mistresses;
3. an unmarried man having a number of mistresses.

Islam condones but discourages the first and forbids the other two.

Wars cause the number of women to greatly exceed the number of men. In a monogamous society these women, left without husbands or support, resort to prostitution, illicit relationships with married men resulting in illegitimate children with no responsibility on the part of the father, or lonely spinsterhood or widowhood.

Some Western men take the position that monogamy protects the rights of women. But are these men really concerned about the rights of women? The society has so many practices which exploit and suppress women, leading to women's liberation movements from the suffragettes of the early twentieth century to the feminists of today.

The truth of the matter is that monogamy protects men, allowing them to "play around" without responsibility. Easy birth control and easy legal abortion has opened the door of illicit sex to woman and she has been lured into the so-called sexual revolution. But she is still the one who suffers the trauma of abortion and the side effects of the birth control methods. Taking aside the plagues of venereal disease, herpes and AIDS, the male continues to enjoy himself free of worry. Men are the ones protected by monogamy while women continue to be victims of men's desires. Polygamy is very much opposed by the male dominated society because it would force men to face up to responsibility and fidelity. It would force them to take responsibility for their polygamous inclinations and would protect and provide for women and children.

Among all the polygamous societies in history there were none which limited the number of wives. All of the relationships were unrestricted. In Islam, the regulations concerning polygamy limit the number of wives a man can have while making him responsible for all of the women involved.

"Marry women of your choice, two or three or four; but if you fear that you shall not be able to deal justly with them, then only one or one that your right hands possess. That will be more suitable, to prevent you from doing injustice." (Qur'an 4:3)

This verse from the Qur'an allows a man to marry more than one woman but only if he can deal justly with them. Another verse says that a person is unable to deal justly between wives, thus giving permission but discouraging.

"You will never be able to deal justly between wives however much you desire (to do so). But (if you have more than one wife) do not turn altogether away (from one), leaving her in suspense..." (Qur'an 4:129)

While the provision for polygamy makes the social system flexible enough to deal with all kinds of conditions, it is not necessarily recommended or preferred by Islam. Taking the example of the Prophet Muhammad (peace be upon him) is instructive. He was married to one woman, Khadijah, for twenty-five years. It was only after her death when he had reached the age of fifty that he entered into other marriages to promote friendships, create alliances or to be an example of some lesson to the community; also to show the Muslims how to treat their spouses under different conditions of life.

The Prophet (peace be upon him) was given inspiration from Allah about how to deal with multiple marriages and the difficulties encountered therein. It is not an easy matter for a man to handle two wives, two families, and two households and still be just between the two. No man of reasonable intelligence would enter into this situation without a great deal of thought and very compelling reasons.

Some people have said that the first wife must agree to the second marriage. Others have said that the couple can put it into the marriage contract that the man will not marry a second wife. First of all, neither the Qur'an nor Hadith state that the first wife need be consulted at all concerning a second marriage let alone gain her approval. Consideration and compassion on the part of the man for his first wife should prompt him to discuss the matter with her but he is not required to do so or to gain her approval. Secondly, the Qur'an has explicitly given permission for a man to marry "two or three or four." No one has the authority to make a contract forbidding something that has been granted by Allah.

The bottom line in the marriage relationship is good morality and happiness, creating a just and cohesive society where the needs of men and women are well taken care of. The present Western society, which permits free sex between consenting adults, has given rise to an abundance of irresponsible sexual relationships, an abundance of "fatherless" children, many unmarried teenage mothers; all becoming a burden on the country's welfare system. In part, such an undesirable welfare burden has given rise to bloated budget deficits which even an economically powerful country like the United States cannot accommodate. Bloated budget deficits have become a political football which is affecting the political system of the United States.

In short, we find that artificially created monogamy has become a factor in ruining the family structure, and the social, economic and political systems of the country.

It must be a prophet, and indeed it was Prophet Muhammad (peace be upon him) who directed Muslims to get married or observe patience until one gets married. 'Abdullah b. Mas'ud reported Allah's messenger as saying, "Young man, those of you who can support a wife should marry, for it keeps you from looking at strange women and preserves you from immorality; but those who cannot should devote themselves to fasting, for it is a means of suppressing sexual desire." (Bukhari and Muslim)

Islam wants people to be married and to develop a good family structure. Also Islam realizes the requirements of the society and the individual in special circumstances where polygamy can be the solution to problems. Therefore, Islam has allowed polygamy, limiting the number of wives to four, but does not require or even recommend polygamy.

In the Muslim societies of our times, polygamy is not frequently practiced despite legal permission in many countries. It appears that the American male is very polygamous, getting away with not taking responsibility for the families he should be responsible for.


Jadi? Poligami tetap menjadi suatu pilihan. Sebagaimana adanya setiap pilihan, semua memerlukan pertimbangan dan keputusan. Dan juga penghormatan atas pilihan. Itu aja.


twelve red monkeys said...

here goes:

Menurut daku, yang diperlukan oleh seorang anak bukanlah siapakah lelaki yang menyumbangkan seciprat sperma untuk membuat dirinya, tapi siapakah yang berperan sebagai sosok seorang ayah sesungguhnya dalam pertumbuhannya.

Justru dengan sistem 4 ayah 1 ibu, anak-anak diuntungkan karena lebih banyak yang melindungi mereka jika ada apa-apa. Bahkan mungkin ada baiknya jika ke-empat ayah tersebut mengatur shift kerja mereka sehingga setidaknya ada 1 ayah yang selalu berjaga di rumah setiap saat. Menjaga keluarga dari marabahaya. (Misal: Kalau ada perampok yang masuk rumah, setidaknya ada seorang lelaki dewasa yang akan melindungi ibu dan anak-anaknya)

Selain itu, 4 ayah berarti adanya 4 tulang punggung keluarga. (EMPAT saudara-saudara!! E-M-P-A-T!! bukan 1 atau 2 atau 3, tapi EMPAT sumber pemasukan keluarga!!) Jadi secara keseluruhan, kesejahteraan keluarga menjadi lebih baik.

Biaya perawatan anakpun lebih terjamin. Jika yang 1 terkena PHK, masih ada 3 lainnya yang bekerja. Tentunya yang terkena PHK itu juga akan merasa gengsi dan malu terhadap 3 suami lainnya, sehingga ia akan berusaha mendapatkan kerja secepatnya.

Kalau poligami bisa mengakibatkan persaingan di antara para istri dan anak-anaknya, poliandri mungkin bisa memberikan efek perdamaian. Sebab pada saat seorang anak tidak jelas siapa ayahnya (Pokoknya di antara 4 itu! Eh, diluar 4 itu juga bisa ding), maka para ayah akan tetap memberikan perhatian kepada si anak. Masing-masing ayah akan menganggap anak tersebut adalah anaknya. (Kalau di poligamikan, bisa ada resiko setiap anak membangga-banggakan ibunya doang dan menjelekkan ibu dari anak yang lain)

Para ayah tersebut punya teman untuk ngobrol malam-malam, teman untuk main catur, main panco (Kalau mau juga bisa buat turnamen kecil-kecilan) ataupun main kartu (Pas 4 orang! Cocok buat maen capsa, maen mahjong juga bisa). Nonton bola di rumah pun menjadi lebih semarak! Dengan sistem 4 suami pula para pria bisa belajar menekan rasa egoisnya dengan saling berbagi, bertoleransi dan bersabar. Ingat, Tuhan suka orang sabar… (Maap Tuhan, nama Anda “terpaksa” saya bawa-bawa)

Rewelnya istri pun menjadi lebih berkurang. Bayangkan jika seorang suami punya 4 istri. Maka dalam 24 jam, akan ada 4 orang istri yang berpotensi untuk mengomel dan mengeluh di kuping suami. Tapi JIKA 4 suami 1 istri, maka rata-rata kemungkinan masing-masing suami di-rese-in istri adalah maksimal 6 jam sehari. (Dengan asumsi ngawur bahwa sang istri mengomel selama 24 jam non-stop)

Sekarang mari kita tinjau dari sudut seksualitas. Sudah menjadi keluhan umum di rubrik konsultasi kalau banyak wanita gagal mencapai orgasme karena suami cepat selesai atau tidur begitu saja setelah mencapai puncak. Padahal pada umumnya, wanita itu lebih lambat panas daripada pria.
Nah… dengan adanya 4 suami, maka suami-suami tersebut bisa ber-estafet ria. Jika istri lambat panas dan blum panas-panas juga, maka jangan kuatir, masih ada rekan anda yang akan meneruskan perjuangan membawa istri menuju ke puncak kenikmatan. (Menuju puncak, gemilang cahaya, mengukir cinta, SEJUTA RASA…. Kyaaaaaaa…!! )

Poliandri secara sekilas juga sesuai dengan kodrat seks manusia. Laki-laki pada umumnya hanya dapat orgasme 1 kali lalu keabisan tenaga, sementara wanita bisa orgasme berkali-kali, bahkan organ seksualnyapun tidak usah membutuhkan persiapan terlalu banyak seperti halnya laki-laki. (Kan harus nungguin Joy-sticknya berdiri dulu…)

Jika wanita berhalangan pun (Entah apapun alasannya…), laki-laki bisa dengan mudah swalayan karena organ seksnya terbuka dan menggantung di luar tubuh. (Tidak seperti perempuan yang organnya lebih tersembunyi, jadi lebih ribet kalau mau swalayan) Akhir kata, bebek menyimpulkan (lagi-lagi) secara SEPIHAK bahwa poliandri “lebih baik” daripada poligami…


Gue lagi:

Kutip:
Ingat, Tuhan suka orang sabar… (Maap Tuhan, nama Anda “terpaksa” saya bawa-bawa)

:)

Ini menarik lho sebenernya, banget :D cuma ya itu tadi, jadi agak sulit kalo bicarakan ini sebagai topik yang 'berdiri sendiri' tidak dengan dasar latar belakang sejarah maupun perihal ke-Tuhan-an yang disentil cuma sebaris di atas hehehehe

Kalo menurut komiknya Larry Gonick Jr ttg Peradaban Manusia, keliatan banget manusia itu evolutif banget sifatnya, termasuk alam dan budaya yang mendomplengnya. Kebaca juga dari alur seksualitas yang cenderung 'coba sana coba sini' dan suka 'adegan beramai ramai' seperti poliandri dan poligami.

Tapi kalo berbicara kemajuan, harusnya manusia sekarang bisa lebih maju juga dalam hal itu. Makanya muncul deh tuh aturan. Baik dari yang nulis tangan manusia sendiri sampai aturan yang dateng dari sononya. Dari Tuhan maksudnya. :) Dan sekali lagi, bukan berarti bawa2 nama Tuhan walau secuil di sini, tapi lebih ngeliat kepada kecenderungan manusia yang evolutif dan bergerak maju untuk perbaikan dirinya sendiri.

Poligami dan poliandri. Sama aja. Judulnya adalah 'memperbanyak pasangan'. Iya kan? Dalam agama yang dianut pun tidak dianjurkan, melainkan hanya diperbolehkan dengan segudang catatan. Semata diatur untuk keteraturan itu sendiri. Lagi juga itu bertentangan dengan literasi 'pasangan' > 'sepasang' > dua. ? Atau gue keliru ya? hehehe

Keteraturan kayak apa ta? Hmm, kutip lagi:
'yang diperlukan oleh seorang anak bukanlah siapakah lelaki yang menyumbangkan seciprat sperma untuk membuat dirinya, tapi siapakah yang berperan sebagai sosok seorang ayah sesungguhnya dalam pertumbuhannya'

Wah jadi ngeri sebenernya dengan pemikiran seperti ini. Gue sebagai individu aja (sebagai seorang anak) maunya yang jelas jelas aja dalam silsilah. Bapak gue sapa, Nyokap gue sapa. Gue lahir dari pasangan mana. Itu yang menurut gue berharga. Garis keturunan. Dan bukan semata peran. Pendapat lhoo :D

Bolak balik lagi buku sejarah versinya Oom Larry Gonick tadi. Gimana sih keteraturan yang tampak jelas di situ. Semua kebaca dari kesimpangsiuran asal muasal. Siapa penulis alkitab. Siapa yang menjaga kemurnian hadis. Siapa yang menjaga mitos. Dan apapun yang bikin kebudayaan manusia jadi hebat seperti sekarang.

Logika aja sih (dgn campur tangan teknologi juga bisa), setiap org sekarang kepinginnya segala sesuatu yang jelas utk konsumsi dirinya. Jatohnya jadi ke rasa kepemilikan. Kalo utk orang lain malah terbalik. Yang menggelembung malah ketidakpedulian. Tapi kalo utk dirinya sendiri. Hmm.. pasti dikejar terus tuh rasa kepenasarannya. Misal identifikasi DNA. Muncul buat apa sih itu? Identifikasi tentunya. Siapa? Pasti asal muasal dan kejelasan induk. Dan kembali lagi ke situ. Ke titik asal muasal.

Agama misalnya. Kelihatan sekali kalo agama sekarang tuh tersusun dari proses evolutif yang jadi kebiasaan era primitif. Disusun sedemikian rupa dan diatur Yang Kuasa untuk mahluk yang paling demen bikin kehancuran di bumi (*tonton The Inconvenient Truth-nya Al Gore- jadi tahu banget arti kehancuran, seram) supaya lebih teratur mengadakan ritual dan mengembangkan budayanya sendiri.

Poliandri dan Poligami? Itu juga sama diaturnya. Cari aja dimana mana pasti ada bahasannya. Tinggal pilih aja yang lebih diyakini yang mana. Naluri lelaki dan wanita? Hmm, semua juga udah tau itu. Pokonya tinggal kembali kepada pilihan. Hidup kan pilihan. Mulai dari ber-KTP aja. Ada nama, tempat tanggal lahir, agama, status dan lain2. Semua pilihan tuh nulisnya gimana. Bisa dipalsu juga. Cuma menurut gue mah yang namanya identitas beneran harus dijaga ketat. Di dunia yang serba tidak jelas seperti sekarang ini, identitas itu perlu banget. :D

Tapi ya balik lagi ke bahasan evolutif-progresif-budaya-agama-pilihan nya manusia sekarang. Gue pikir yang paling keren dari era kini adalah pilihan yang membebaskan dan tanggung jawab atas pilihannya itu. Kebebasan pendapat juga oke tapi keliatan kebablasan karena jarang bersikap netral dan tidak memihak. Kebanyakan subyektif banget jadinya, gara-gara imbas kebebasan individu tadi. Jadi silakan memilih menurut keyakinan dan jalani sekeren-kerennya. :)

13 Comments:

  • eh...
    Mengenai Poliandri... kemaren gue dikirimin msg puanjang...
    sayangnya GUE GA TAU INI PENULIS ASLINYA SIAPA.

    By Blogger M. Lim, at Wednesday, December 06, 2006 12:23:00 AM  

  • This comment has been removed by a blog administrator.

    By Blogger M. Lim, at Wednesday, December 06, 2006 12:23:00 AM  

  • here goes:

    Menurut daku, yang diperlukan oleh seorang anak bukanlah siapakah lelaki yang menyumbangkan seciprat sperma untuk membuat dirinya, tapi siapakah yang berperan sebagai sosok seorang ayah sesungguhnya dalam pertumbuhannya.

    Justru dengan sistem 4 ayah 1 ibu, anak-anak diuntungkan karena lebih banyak yang melindungi mereka jika ada apa-apa. Bahkan mungkin ada baiknya jika ke-empat ayah tersebut mengatur shift kerja mereka sehingga setidaknya ada 1 ayah yang selalu berjaga di rumah setiap saat. Menjaga keluarga dari marabahaya. (Misal: Kalau ada perampok yang masuk rumah, setidaknya ada seorang lelaki dewasa yang akan melindungi ibu dan anak-anaknya)

    Selain itu, 4 ayah berarti adanya 4 tulang punggung keluarga. (EMPAT saudara-saudara!! E-M-P-A-T!! bukan 1 atau 2 atau 3, tapi EMPAT sumber pemasukan keluarga!!) Jadi secara keseluruhan, kesejahteraan keluarga menjadi lebih baik.

    Biaya perawatan anakpun lebih terjamin. Jika yang 1 terkena PHK, masih ada 3 lainnya yang bekerja. Tentunya yang terkena PHK itu juga akan merasa gengsi dan malu terhadap 3 suami lainnya, sehingga ia akan berusaha mendapatkan kerja secepatnya.

    Kalau poligami bisa mengakibatkan persaingan di antara para istri dan anak-anaknya, poliandri mungkin bisa memberikan efek perdamaian. Sebab pada saat seorang anak tidak jelas siapa ayahnya (Pokoknya di antara 4 itu! Eh, diluar 4 itu juga bisa ding), maka para ayah akan tetap memberikan perhatian kepada si anak. Masing-masing ayah akan menganggap anak tersebut adalah anaknya. (Kalau di poligamikan, bisa ada resiko setiap anak membangga-banggakan ibunya doang dan menjelekkan ibu dari anak yang lain)

    Para ayah tersebut punya teman untuk ngobrol malam-malam, teman untuk main catur, main panco (Kalau mau juga bisa buat turnamen kecil-kecilan) ataupun main kartu (Pas 4 orang! Cocok buat maen capsa, maen mahjong juga bisa). Nonton bola di rumah pun menjadi lebih semarak! Dengan sistem 4 suami pula para pria bisa belajar menekan rasa egoisnya dengan saling berbagi, bertoleransi dan bersabar. Ingat, Tuhan suka orang sabar… (Maap Tuhan, nama Anda “terpaksa” saya bawa-bawa)

    Rewelnya istri pun menjadi lebih berkurang. Bayangkan jika seorang suami punya 4 istri. Maka dalam 24 jam, akan ada 4 orang istri yang berpotensi untuk mengomel dan mengeluh di kuping suami. Tapi JIKA 4 suami 1 istri, maka rata-rata kemungkinan masing-masing suami di-rese-in istri adalah maksimal 6 jam sehari. (Dengan asumsi ngawur bahwa sang istri mengomel selama 24 jam non-stop)

    Sekarang mari kita tinjau dari sudut seksualitas. Sudah menjadi keluhan umum di rubrik konsultasi kalau banyak wanita gagal mencapai orgasme karena suami cepat selesai atau tidur begitu saja setelah mencapai puncak. Padahal pada umumnya, wanita itu lebih lambat panas daripada pria.
    Nah… dengan adanya 4 suami, maka suami-suami tersebut bisa ber-estafet ria. Jika istri lambat panas dan blum panas-panas juga, maka jangan kuatir, masih ada rekan anda yang akan meneruskan perjuangan membawa istri menuju ke puncak kenikmatan. (Menuju puncak, gemilang cahaya, mengukir cinta, SEJUTA RASA…. Kyaaaaaaa…!! )

    Poliandri secara sekilas juga sesuai dengan kodrat seks manusia. Laki-laki pada umumnya hanya dapat orgasme 1 kali lalu keabisan tenaga, sementara wanita bisa orgasme berkali-kali, bahkan organ seksualnyapun tidak usah membutuhkan persiapan terlalu banyak seperti halnya laki-laki. (Kan harus nungguin Joy-sticknya berdiri dulu…)

    Jika wanita berhalangan pun (Entah apapun alasannya…), laki-laki bisa dengan mudah swalayan karena organ seksnya terbuka dan menggantung di luar tubuh. (Tidak seperti perempuan yang organnya lebih tersembunyi, jadi lebih ribet kalau mau swalayan) Akhir kata, bebek menyimpulkan (lagi-lagi) secara SEPIHAK bahwa poliandri “lebih baik” daripada poligami…

    By Blogger M. Lim, at Wednesday, December 06, 2006 12:26:00 AM  

  • Kutip:
    Ingat, Tuhan suka orang sabar… (Maap Tuhan, nama Anda “terpaksa” saya bawa-bawa)

    :)

    Ini menarik lho sebenernya, banget :D cuma ya itu tadi, jadi agak sulit kalo bicarakan ini sebagai topik yang 'berdiri sendiri' tidak dengan dasar latar belakang sejarah maupun perihal ke-Tuhan-an yang disentil cuma sebaris di atas hehehehe

    Kalo menurut komiknya Larry Gonick Jr ttg Peradaban Manusia, keliatan banget manusia itu evolutif banget sifatnya, termasuk alam dan budaya yang mendomplengnya. Kebaca juga dari alur seksualitas yang cenderung 'coba sana coba sini' dan suka 'adegan beramai ramai' seperti poliandri dan poligami.

    Tapi kalo berbicara kemajuan, harusnya manusia sekarang bisa lebih maju juga dalam hal itu. Makanya muncul deh tuh aturan. Baik dari yang nulis tangan manusia sendiri sampai aturan yang dateng dari sononya. Dari Tuhan maksudnya. :) Dan sekali lagi, bukan berarti bawa2 nama Tuhan walau secuil di sini, tapi lebih ngeliat kepada kecenderungan manusia yang evolutif dan bergerak maju untuk perbaikan dirinya sendiri.

    Poligami dan poliandri. Sama aja. Judulnya adalah 'memperbanyak pasangan'. Iya kan? Dalam agama yang dianut pun tidak dianjurkan, melainkan hanya diperbolehkan dengan segudang catatan. Semata diatur untuk keteraturan itu sendiri. Lagi juga itu bertentangan dengan literasi 'pasangan' > 'sepasang' > dua. ? Atau gue keliru ya? hehehe

    Keteraturan kayak apa ta? Hmm, kutip lagi:
    'yang diperlukan oleh seorang anak bukanlah siapakah lelaki yang menyumbangkan seciprat sperma untuk membuat dirinya, tapi siapakah yang berperan sebagai sosok seorang ayah sesungguhnya dalam pertumbuhannya'


    Bolak balik lagi buku sejarah versinya Oom Larry Gonick tadi. Gimana sih keteraturan yang tampak jelas di situ. Semua kebaca dari kesimpangsiuran asal muasal. Siapa penulis alkitab. Siapa yang menjaga kemurnian hadis. Siapa yang menjaga mitos. Dan apapun yang bikin kebudayaan manusia jadi hebat seperti sekarang.

    Logika aja sih (dgn campur tangan teknologi juga bisa), setiap org sekarang kepinginnya segala sesuatu yang jelas utk konsumsi dirinya. Jatohnya jadi ke rasa kepemilikan. Kalo utk orang lain malah terbalik. Yang menggelembung malah ketidakpedulian. Tapi kalo utk dirinya sendiri. Hmm.. pasti dikejar terus tuh rasa kepenasarannya. Misal identifikasi DNA. Muncul buat apa sih itu? Identifikasi tentunya. Siapa? Pasti asal muasal dan kejelasan induk. Dan kembali lagi ke situ. Ke titik asal muasal.

    Agama misalnya. Kelihatan sekali kalo agama sekarang tuh tersusun dari proses evolutif yang jadi kebiasaan era primitif. Disusun sedemikian rupa dan diatur Yang Kuasa untuk mahluk yang paling demen bikin kehancuran di bumi (*tonton The Inconvenient Truth-nya Al Gore- jadi tahu banget arti kehancuran, seram) supaya lebih teratur mengadakan ritual dan mengembangkan budayanya sendiri.

    Poliandri dan Poligami? Itu juga sama diaturnya. Cari aja dimana mana pasti ada bahasannya. Tinggal pilih aja yang lebih diyakini yang mana. Naluri lelaki dan wanita? Hmm, semua juga udah tau itu. Pokonya tinggal kembali kepada pilihan. Hidup kan pilihan. Mulai dari ber-KTP aja. Ada nama, tempat tanggal lahir, agama, status dan lain2. Semua pilihan tuh nulisnya gimana. Bisa dipalsu juga. Cuma menurut gue mah yang namanya identitas beneran harus dijaga ketat. Di dunia yang serba tidak jelas seperti sekarang ini, identitas itu perlu banget. :D

    Tapi ya balik lagi ke bahasan evolutif-progresif-budaya-agama-pilihan nya manusia sekarang. Gue pikir yang paling keren dari era kini adalah pilihan yang membebaskan dan tanggung jawab atas pilihannya itu. Kebebasan pendapat juga oke tapi keliatan kebablasan karena jarang bersikap netral dan tidak memihak. Kebanyakan subyektif banget jadinya, gara-gara imbas kebebasan individu tadi. Jadi silakan memilih menurut keyakinan dan jalani sekeren-kerennya. :)

    By Blogger firman widyasmara, at Wednesday, December 06, 2006 12:20:00 PM  

  • identitas?
    hihih...
    Gini, di kebudayaan jawa itu ada kebiasaan ganti nama. Jadi nama waktu bayi, itu akan ganti kalau dia sudah akil balik, dan akan ganti lagi kalau dia sudah bekerja. Karena namanya akan sesuai dengan sifatnya... kemudian sesuai dengan pekerjaannya.
    Contoh nama? halah... ikk lupa... tanyalah nanto... simbah kakung dia konon mengalami hal itu.
    Kalau gue sih,udah Jawa modern. dari lair sampe sekarang namanya sama.

    Terus... di kebudayaan Eropa kuno, ternyata ada kepercayaan bahwa setiap benda di dunia ini punya nama. Kalau kamu tahu namanya, kamu menguasai benda itu, baik bendanya hidup ataupun mati. Penyihir itu bisa menyihir karena mereka tahu nama-nama, yang nantinya dimasukkan dalam mantra.
    The power of words gitu lah. Tapi ini rupanya bagian dari pagan. Jadi setelah Eropa dikristenkan, kepercayaan itu pun hilang.

    Nah... di Matrix... nama asli alias identitas aslinya kan ternyata nama mereka yang di luar matrix. Thus Neo, trinity, dst dll.

    So...
    menarik ya?
    What do you think your real identity is?
    Don't tell a soul coz they would steal yours if you tell them your name

    By Blogger M. Lim, at Wednesday, December 06, 2006 12:52:00 PM  

  • huehuehuehuheue... setuju banget tuh ama pilem matrix dan penamaan benda benda hehehehe :D

    ya gitulah, ujungnya kan ke rasa pemilikan. nama identikal dengan pemilikan. kalo gue pribadi sih menganggap identitas bukan cuma penamaan atau label. tapi lebih ke esensi aja. jadi isinya yang dijalanin bukan namanya. perihal ganti nama kan yg diharapkan setelah berganti nama maka 'isi' dan 'nasib'nya akan berubah tuh. nah, karena cuma sebutan, unsur nama dalam identitas jadi berhenti di label doang deh. males banget kan, karena gak ketemu2 esensi kita sebenernya tuh siapa. ya saya? firman bukan? ah bukan, udah ganti nama kok.... nah loh.. jadi lebih ke penyadaran diri aja, bukan penyangkalan dirinya kaum sebelum Gautama itu hehehehe.

    sadar diri sama pilihan yg diambil. kalo udah milih A sebagai identitas saya ya udah, konsekuentif deh tuh yang dihadepin juga. hehehehe. semua juga ada konsekuen sih tapi bakal lebih nyaman kalo masing2 pribadi tau siapa dirinya, mau apa, mau kemana, mau jadi apa, dan jalaninnya gimana. buat yang kebingungan dengan identity seperti di filmnya John Cussack.. makanya bikin KTP cadangan. di kita bisa kok hehehehehe

    By Blogger firman widyasmara, at Wednesday, December 06, 2006 1:03:00 PM  

  • Dari poligami ngomongin identitas huhuyyy

    Identitas seseorang dibentuk juga oleh keadaan di sekitarnya. Dan sayangnya nggak semua orang bisa seyakin Pirmen atas identitas dirinya sendiri.

    Misalnya, meskipun si individu bilang "ah, gue B!" tapi masyarakat mengatakan "Nggak ah, lu D lagi!" dia bisa apa? Kalau keras kepala dan sangat konsisten sih sebodo amat lah orang bilang apa. Tapi dalam realitas tidak begitu. Pasti akan terjadi konflik batin, soalnya no man is an island. Individu tadi berinteraksi dengan sekitarnya, dan like it or not, interaksi itu ngaruh ke individu bersangkutan.

    Contoh: Masyarakat menganggap Aa Gym panutan, santri, beragama, semua perilakunya bijak dan benar.

    Aa Gym mungkin menganggap dirinya manusia biasa, yang kebetulan aja cukup cerdas dan punya kemampuan untuk mengembangkan dirinya dan orang-orang di sekitarnya, dan pria biasa tulen. Biasa aja.
    Entah apa pertimbangan dia kawin lagi, cuma dia dan Tuhan yang tau. Kalau istrinya ternyata mengijinkan, ya itu memang hak dan urusan keluarga si Aa.

    Tapi masyarakat menganggap urusan intern ini urusan mereka. Ibu-ibu sampe nangis dan marah-2 dan mendesak SBY menyikapi pernikahan kedua si Aa.
    Lucu toh. Urusan pribadi sampai jadi urusan negara.

    Identitas jadi sebuah stigma dan dogma. Bukan lagi sesuatu yang muncul dari dalam diri sendiri dan pribadi.

    Contoh lagi.
    Banyak pelajar di Jepang bunuh diri gara2 digencet. Penggencetan biasanya dilakukan dengan aniaya verbal dan pengucilan.

    Identitas si Minori nggak diakuin sama temen-temennya. Dia biasa-biasa aja, makannya nasi sama Nori juga, tapi temen-2nya nganggep dia keripik. Terus diejek-ejek.

    Kalau kata gue dan mungkin kata lu juga Men... ah nggak usah diwaro lah, Minori. Kamu itu ya kamu, perduli amat kata mereka kamu keripik.

    Tapi nyatanya "kata mereka" itu penting banget. Identitas Minori adalah identitas yang diberikan oleh teman-temannya ke dia. Untung ada Takeshi... mereka ketemu di taman, lari-lari terus pelukan sampe meletup gitu isinya keluar semua...*halah*

    so yeah... gue percaya cara kita memandang dan memperlakukan seseorang, penghargaan dan reaksi yang kita berikan pada manusia itu akan membentuk identitas dia. Ini terutama berlaku pada piyik, percil dan bedhes2 cilik. They will grow believing what the grown ups made them believe. Jadi hati-hati memperlakukan anak kecil... hihihi... ini akan lebih panjang lagi bahasannya kalau menyangkut penanaman nilai-nilai nih...

    Huhuy!!!


    M untuk Monyet Mata Merah

    By Blogger M. Lim, at Thursday, December 07, 2006 10:56:00 AM  

  • Kutip lagi ah: hehehe
    They will grow believing what the grown ups made them believe. Jadi hati-hati memperlakukan anak kecil... hihihi... ini akan lebih panjang lagi bahasannya kalau menyangkut penanaman nilai-nilai nih...

    Yup! betul banget... hehe sebenernya gue lagi heran aja ama sekitar gue sekarang. gak jauh2 dari berghibah (ngejelekin orang) ama ngeluarin pendapat2 yg mestinya disaring dulu. makanya jadi lebar bahasannya sampe ke identitas segala. lagi sebel, kok ya jadi orang islam gue gak gitu paham ajarannya sendiri. sering kebablas bikin tuhan tuhan sendiri. islam menurut gue tuh harusnya gini,agama gue adalah agama yang gini, ajaran yang bener tuh gini, duh! suka ngeri ama nilai2 juga. bukan meninggikan doktrin tapi nyoba ninggiin nalar ama kemauan belajar. belajar ngerti dan ambil sari pati kenapa gue musti punya keyakinan dan agama dengan doktrin2nya. itu yang jarang gue liat dari diri gue sendiri dan orang2 sekitar. kok demen banget mojokin keyakinannya sendiri .. huhuh.. sampe gue debat panjang juga tuh ama nyokap gua.. hahahaha.. dan seperti biasaa.. gue jadi tertuduh yang mendukung poligami. hihih.. sekali lagiii, gue gak dukung, cuma pingin jelasin ke emaak kalo itu tuh ada di agama, dibolehkan tapi tidak dianjurkan. susah gitu loooooh... walah... hehehehehehehehehehehehehe...

    nilai nilai? hmmm.... mikir lagi gue dah..

    By Blogger firman widyasmara, at Thursday, December 07, 2006 1:25:00 PM  

  • Haha jadi buka rahasia nih

    sebetulnya gue suka banget Surat Al Kaafirun.

    "Buatmu agamamu, buatku agamaku"

    Diulang sampai dua kali.

    What is God trying to say?

    hihihi

    "Manusia diciptakan bermacam jenis beda bangsanya"

    ... oh ayolah... it shouldn't be that hard to connect.

    Nyatanya di daerah konflik, sodara sendiri dibunuh dan dibakar hanya karena beda kepercayaan. Beda identitas.

    Pernah liat film Equilibrium nggak? Christian Bale seksi banget di situ... *gubrag*... di film itu semua orang seragam
    Sama kaya di The Stepford Wives. The ultimate dream society.

    Nyatanya yang sempurna itu nggak bagus juga. Dan beda-beda itu asyik juga.

    dan orang tetap nggak memahaminya.

    Kesel nggak sih?

    By Blogger M. Lim, at Thursday, December 07, 2006 4:22:00 PM  

  • Wehehe, yup! itu maksud gue, beda beda itu asyik, bener banget kalo ada kata: 'Kuciptakan kalian berbangsa dan berbeda beda supaya kalian saling mengenal'. Tujuannya jelas banget tuh, ta'aruf, mengenal, saling paham, saling toleransi, bukan nonjolin masing masing juga kan :)

    nah, tapi tapi, ada tapinya nihhh, untuk kutipan Al Kafiruun, gue jujur aja agak ngeri dengan penggunaan satu ayat ini dimana2. Rada ngeri kalo cuma bawa satu kalimat tanpa liat sejarah turunnya dan untuk siapa kalimat itu ditujukan. Karena banyak lho ini dipake buat sesama muslim sendiri untuk membedakan 'identitas'nya dengan muslim lain. padahal jelas2 banget, muslim itu bersaudara, mau berbeda kayak apa juga intinya sama, ajarannya sama, dan perbedaan hanya di pemahaman, itu juga ada garis tengahnya kok. semua dibolehkan. kayak muhammadiyah dan NU aja. itu kan sama aja, cuma kok jatuhnya jadi aliran, biasa banget, ikut arus massa.

    Nah utk ayat itu, kenapa gue ngeri? hmm.. pernah kasus soalnya gue pribadi. dulu pernah satu kos dengan saudara2 muslim juga tapi mereka mengidentitaskan diri mereka dengan satu aliran tertentu yang membedakan dengan kita2 di luar aliran dia. gak bisa shalat bareng. kalopun shalat dikamarnya terus di-pel ama dia. bagi mereka kita tuh penuh najis dan gak sesuci mereka. karena mereka berpedoman meng'kafir'kan pihak lain di luar kaum mereka. identitas muslim mereka dibedakan sendiri ama mereka. dan keluarlah kata2 pembatas itu. Laakum dinukum waliyadiin. Kalimat yang notabenenya ditujukan untuk kaum kufur (non muslim) malah diucapkan untuk kaum saudara sesama muslim. kok bisa ya ngasih bates se-ngeri itu? itu pikiran gue waktu itu. makanya gue rada ngeri denger kalimat itu kalo terucap lagi. padahal esensinya bukan untuk diucap ke sesama saudara. sesama bis dilarang saling mendahului gitu deeh.. hehehehehe

    tapi untungnya, walau sering berdebat ttg banyak hal (dari buku2 yg dibaca ampe soal action figure alien yg di independence day-nya will smith nangkring di kamar gue), tapi gak pernah ada gontok2an, gue mah seneng banget malah, karena intinya jadi dapet, ngobrol dan saling paham. bukan nonjolin satu pihak aja. duh! padahal dipikir2 asik juga tuh disitu, langsung dikawinin bo ama sesamanya! huehuehuehuehuehue....

    By Blogger firman widyasmara, at Thursday, December 07, 2006 7:00:00 PM  

  • Hahaha

    ya gue tau surat itu sering jadi pedang bermata dua berujung tiga (walah itu sih trisula)

    Gue emang bukan santri atau apa gitu lah yang shalat nggak pernah bolong dan lain-2. Jadi mungkin bakal ada yang menghujat interpretasi gue.

    Agama, yang di situ disebut Ad-dien menurut gue adalah kepercayaan yang mengatur hidup seseorang.
    gue percaya bahwa "jangan melakukan yang lu nggak mau itu dilakukan ke elu" dan bahwa "kepercayaan alias agama orang itu beda-beda memang, dan alasan di baliknya juga beda-beda."

    Ada orang yang menuhankan uang, kedudukan, dan lain-lain. Gitu aja. Itu sih terserah mereka. Siapa gue ngatur2 gitu...
    kalau kemudian gue berinteraksi dengan orang2 itu, berdiskusi, dan mengalami pencerahan ke arah yang lebih baik, well, alhamdulillah toh. Tapi bukan tempat gue buat mengatakan "Heh dosa lu kalo kaya gitu"
    Seinget gue dulu guru ngaji gue pernah bilang cuma Tuhan yang bisa mengukur dan mengatur kebajikan manusia di dunia ini. Pelacur yang bejat hina dina nista aja bisa masuk surga gara2 ngasih minum anjing. Manusia mana tahu sih urusan Tuhan?
    And this makes sense to me.

    Haduh kalau topik identitas mah...Ini bisa gue tarik ke mana-mana nih...

    ya... kembali ke identitas individu dan masyarakat...
    termasuk identitas berdasarkan beliefs ya... entah itu reliji entah politik entah klenik...dan sehubungan dengan teman2 kos pirmen yang cepet dapet jodo itu hahaha (tapi kasian juga jadi sering ngepel)

    Sebagai Islam walau cenderung KTP I find the issue of kristenisasi itu lucu.
    Some people took it too far.

    Ada temen yang tinggal di sekitar Metro, Bandung. Dia punya tetangga nasrani yang sering banget bikin acara doa bersama di rumahnya. Menyanyi dan... ya gitu deh...
    Pak RT merasa bahwa ini kristenisasi dan entah apakah si Pak RT ini biangnya, atau dia cuma terpengaruh provokasi orang, dia menyebarkan pada para tetangga yang dia tahu sama muslim juga seperti dia, untuk mengisi sebuah petisi, melarang si tetangga nasrani ini mengadakan kegiatan kristenisasi.

    Ya ampyun

    Kalau dilihat dari sudut pandang sebaliknya... apa pengajian itu juga bukan doa bersama? Malah lebih obvious gitu... biasanya kan para peserta pengajian itu berkostum lengkap yang bernuansa kearab-araban.
    Sementara... sekarang yang bernuansa kearab-araban = fanatik / fundamentalis = teroris. Ya toh??

    Lucu juga ya...

    Padahal gue yakin di rumah mereka ada cermin.

    By Blogger M. Lim, at Friday, December 08, 2006 12:26:00 AM  

  • Untung piara kucing banyak2 gak masuk kategori poli2an yah? paling kalo mao dibikin juga polikitty :))

    By Blogger Oki, at Saturday, December 23, 2006 7:24:00 PM  

  • (numpang lewat mode)
    halo bebek penulis asli "artikel poliandri"

    artikel aslinya dapat diakses di http://www.bebekrewel.com/polyandri

    thanks udah mengapresiasi karya bebek ^^v

    By Anonymous Anonymous, at Thursday, February 15, 2007 10:57:00 PM  

Post a Comment

<< Home